Smart Home
Source: Pinterest

Di era digital yang serba menggunakan teknologi ini terdapat banyak inovasi baru yang dapat mempermudah kinerja manusia untuk melakukan sesuatu. Penggunaan teknologi tersebut kini juga merambat hingga ke industri rumah tangga. Seperti misalnya, penggunaan smart home yang kini tengah ramai diperbincangkan karena penggunaannya yang praktis dengan mengandalkan sistem automasi.

rumah pintar ini diartikan sebagai bangunan rumah yang dilengkapi dengan teknologi super canggih agar seluruh perangkat dan sistem dapat saling terhubung.

Rumah pintar ini melibatkan kontrol dan otomasi pencahayaan, pemanasan, ventilasi, pendingin udara, dan keamanan berbagai peralatan rumah tangga. Umumnya, smart home menggunakan teknologi wi-fi sebagai alat kontrolnya.Tertarik mengubah rumah kamu menjadi smart home? Ketahui tips berikut ini!

Gunakan lampu Smart LED

Lampu LED

Seperti yang sudah kita ketahui, LED merupakan lampu hemat energi yang merupakan bagian dari penerangan ruangan. Sekarang ini, ada teknologi lampu LED yang otomatis bernama Smart LED.

Lampu Smart LED ini dapat dikendalikan melalui aplikasi smartphone, jadi kamu bisa menyesuaikan warna lampu dan menjadwalkan kapan lampu akan mati dan menyala secara otomatis.

Menggunakan kunci fingerprint

Kunci Fingerprint

Dalam konsep smart home, penggunaan handle pintu berbasis fingerprint dan wifi sudah menjadi hal yang biasa. Selain penggunaannya yang praktis, handle pintu dengan fingerprint pun dianggap lebih aman daripada pintu dengan handle biasa. kamu bisa mengontrol kapan pintu bisa terbuka atau terkunci hanya melalui aplikasi di smartphone.

Desain kunci handle pintu menggunakan fingerprint pun lebih modern, sehingga menambah nilai estetika rumah.

Memaksimalkan penggunaan Smart Plug

Smart Plug

Smart plug merupakan colokan dari produk smart home lainnya. Plug ini disinyalir jauh lebih aman dan lebih praktis jika dibandingkan plug biasa. kamu juga bisa mengontrol plug ini dari jarak jauh hanya dengan aplikasi di smartphone dan koneksi internet.

Baca Juga: Desain Terbaru 2024 dari Rumah Minimalis Hingga Smart Home System

Gunakan smart universal remote

Smart universal remote merupakan remote yang dapat mengontrol berbagai barang elektronik seperti TV, AC, maupun DVD. Semua perangkat elektronik ini bisa dikendalikan hanya dengan satu aplikasi dari smartphone yang tersambung pada internet atau wifi.

Aplikasi ini juga dapat diakses oleh seluruh penghuni rumah menggunakan voice command apps seperti SIRI atau Google Assistant.

Gunakan smart bin

Smart Bin

Smart bin merupakan tempat sampah pintar yang dapat membuat rumah lebih bersih higienis dan juga praktis. Tempat sampah ini dapat terbuka secara otomatis hanya dengan sensor dari jarak 0-35 cm.

Smart bin otomatis ini tentunya membuat kamu tidak perlu lagi membuka tempat sampah secara manual. Selain itu, smart bin juga dapat secara otomatis membungkus sampah yang sudah penuh dan menggantinya dengan kantong plastik yang baru. Sangat canggih, bukan?

Menggunakan smart home memang membuat rumah semakin terasa canggih dan modern. Namun, perlu diperhatikan bahwa ketika menggunakan smart home untuk rumah lama, pastikan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan pastikan memiliki koneksi internet yang memadai, karena hampir seluruh alat smart home membutuhkan koneksi internet yang kencang dan stabil. Jadi, apakah masih tertarik untuk mengubah rumah kamu menjadi smart home?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×