Rumah Minimalis
Source: Pinterest

Rumah minimalis memang lagi jadi tren, tapi kalau nggak ditata dengan benar, bukannya bikin nyaman malah bikin sesak. Nah, kalau rumah minimalis kamu mulai terasa sempit, jangan buru-buru nyalahin ukurannya yang kecil. Bisa jadi, ada beberapa kesalahan dekorasi yang bikin rumah jadi terasa sumpek. Yuk, kita cek bareng-bareng apa aja penyebabnya!

1. Furniture Kebesaran, Ruangan Jadi Sesak

Salah satu kesalahan paling umum adalah memilih furniture yang ukurannya nggak sesuai sama luas ruangan. Sofa besar yang makan tempat, lemari pakaian yang terlalu tinggi, atau meja makan yang memenuhi ruang makan, cuma bikin rumah jadi terasa sempit. Solusinya? Pilih furniture yang ukurannya proporsional sama ruangan. Kalau perlu, pilih furniture multifungsi yang bisa dipakai buat beberapa keperluan sekaligus.

2. Warna Gelap Bikin Suasana Suram

Warna cat dinding yang gelap bisa bikin ruangan terasa lebih kecil dan suram. Apalagi kalau pencahayaannya kurang, wah, bisa-bisa rumah jadi kayak gua! Makanya, pilih warna-warna cerah atau netral buat dinding rumah minimalis kamu. Warna putih, krem, atau abu-abu muda bisa bikin ruangan terasa lebih luas dan terang.

3. Terlalu Banyak Barang, Rumah Jadi Berantakan

Konsep minimalis itu “less is more”. Artinya, kamu harus pintar-pintar milih barang apa aja yang bener-bener penting dan fungsional. Kalau terlalu banyak barang, rumah bakal keliatan berantakan dan sempit. Solusinya? Rutin deh beberes dan singkirkan barang-barang yang udah nggak kepakai. Gunakan storage yang tersembunyi atau multifungsi biar rumah tetap rapi.

4. Penataan Ruangan yang Nggak Efektif

Penataan ruangan yang nggak efektif juga bisa bikin rumah terasa sempit. Misalnya, meletakkan sofa di tengah ruangan, terlalu banyak sekat, atau nggak memanfaatkan ruang vertikal dengan baik. Cobalah atur ulang tata letak furniture dan manfaatkan dinding buat rak gantung atau storage lainnya.

5. Jendela Kecil, Cahaya Alami Terbatas

Jendela kecil bikin cahaya alami yang masuk ke dalam rumah jadi terbatas. Akibatnya, rumah terasa gelap dan sempit. Solusinya? Perbanyak bukaan atau gunakan jendela yang lebih besar biar cahaya matahari bisa masuk dengan maksimal. Selain bikin rumah lebih terang, cahaya alami juga bikin suasana rumah lebih sehat dan nyaman.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Kece dengan Furniture Multifungsi Ini!

6. Terlalu Banyak Hiasan Dinding

Hiasan dinding memang bisa bikin rumah lebih cantik, tapi kalau kebanyakan malah bikin sumpek. Pilih hiasan dinding yang simpel dan nggak terlalu ramai. Kamu juga bisa mainin tekstur dinding dengan wallpaper atau cat dekoratif buat menambah kesan menarik tanpa bikin ruangan terasa penuh.

7. Lantai yang Gelap dan Polos

Lantai yang gelap dan polos bisa bikin ruangan terkesan sempit dan monoton. Coba pilih lantai dengan warna cerah atau motif yang menarik. Kamu juga bisa pakai karpet dengan warna atau motif yang kontras buat bikin ruangan lebih hidup.

Bumi 786 Property: Solusi Hunian Minimalis yang Nyaman dan Fungsional

Bumi 786 Property hadir untuk mewujudkan hunian minimalis impianmu yang nyaman, fungsional, dan tetap stylish. Kami punya banyak pilihan rumah minimalis dengan desain modern dan tata ruang yang optimal, cocok buat kamu yang pengen punya rumah minimalis tapi tetap terasa lega dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×