Co Working Space
Source: Pinterest

Saat ini pertumbuhan startup semakin meningkat di Indonesia. Dengan adanya peningkatan tersebut, membuat muncul sebuah istilah yang dinamakan co-working space atau trend tempat kerja bersama. Tempat Co-working ini semakin menjamur di berbagai wilayah dan banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan muda.

Namun tahukah Anda pengertian co-working ini lebih jauh serta bagaimana perkembangannya? Untuk itu, mari kita bahas bersama melalui artikel berikut ini!

Pengertian Co-Working Space

Co-working space, atau ruang kerja bersama, adalah tempat di mana individu dari berbagai latar belakang profesional berkumpul untuk bekerja secara kolaboratif dalam satu lingkungan. Konsep ini menekankan pada berbagi ruang dan sumber daya, memfasilitasi interaksi dan kolaborasi antar anggota.

Biasanya perusahaan rintisan menggunakan co-working ini dikarenakan mendapatkan kantor dengan ukuran yang luas serta dengan budget yang bisa lebih ditekan.

Tak hanya oleh perusahaan, co-working juga biasanya digunakan oleh kalangan mahasiswa, peneliti, pekerja paruh waktu, editor, jurnalis, hingga penulis.

Baca Juga: Bingung Apa Itu SOHO? Temukan Jawabannya di Sini!

Asal Mula Co-working Space

Sejarah co-working space di dunia pertama kali yang berdiri adalah Schraubenfabrik Co-working Space yang merupakan sebuah co-working space di Wina, Austria, yang didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002. Oleh karena itu, Schraubenfabrik disebut juga Mother of Coworking Space.

Di Indonesia, menurut beberapa sumber, coworking space di Indonesia pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010 dengan nama Hackerspace oleh Yohan Totting dkk. Bandung memang sering menjadi tempat lahir sebuah inovasi-inovasi yang unik & sangat menarik. Setelahnya, ruang kerja berkonsep sharing ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya. Coworking space pun berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.      

Tips Memilih Co-working Space yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk menyewa tempat co-working, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, seperti:

Rekomendasi Co-working di Indonesia

Buat kamu yang tertarik mencoba co-working, berikut beberapa rekomendasi co-working terbaik di Indonesia:

Yuk, Coba Co-working Space!

Buat kamu yang WFH dan butuh suasana kerja yang lebih produktif, co-working bisa jadi solusi yang tepat. Jangan ragu untuk mencoba, siapa tahu kamu malah ketagihan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×