Cara Jual Rumah
Source: Pinterest

Jika Kamu memiliki rencana untuk menjual rumah, jangan asal untuk menentukan harga jual. Jika kamu membuat harga yang terlalu tinggi, dapat dipastikan rumah tersebut akan sulit terjual, namun sebaliknya jika kamu membuat harga yang terlalu rendah, maka dapat dipastikan kamu akan merugi.

Ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang bingung bagaimana menentukan harga jual rumah yang tepat.  Jika itu termasuk, berikut ini kami berikan beberapa cara menentukan harga jual rumah. Penasaran? Berikut selengkapnya!

Menentukan Harga Tanah

Meski niat utama adalah menjual rumah, namun penting pula mengetahui cara menghitung harga tanah. kamu dapat mencari tahu harga tersebut dengan mencari informasi ke pihak – pihak terkait. Selain itu, kamu juga bisa menghitung harga kisaran tanah melalui NJOP yang terdapat di struk pembayaran PBB.

Melihat NJOP

Melihat NJOP bisa menjadi cara mudah lainnya untuk menentukan harga jual rumah. Pemilik rumah bisa melihat harga per meter persegi. Biasanya, pemilik rumah tidak akan melepas rumahnya dengan harga NJOP kecuali memang kepepet. Adapun perbedaan NJOP dengan harga pasar biasanya besar.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Desain Rumah Yang Harus Kamu Ketahui

Periksa Spesifikasi Bangunan

Jika hunian berada di kompleks cluster yang memiliki model rumah tipikal sama, akan lebih mudah untuk menentukan harga jual rumah. Namun jika kamu tinggal di kompleks dengan tipikal rumah yang berbeda – beda, maka lakukan beberapa hal seperti periksa spesifikasi bangunan mulai dari luas, jumlah kamar mandi, material, dan kondisi rumah. Kemudian bandingkan juga harga material di pasaran dengan material yang terdapat di rumah sehingga kamu dapat memperkirakan harga keseluruhan rumah.

Bertanya Kepada Agen Properti

Pemilik rumah juga bisa bertanya kepada agen properti atau broker sebagai cara menentukan harga jual rumah. Broker memahami cara mengetahui harga tanah per meter, cara mengetahui harga pasaran tanah, hingga cara menghitung harga dari NJOP.

Periksa Lokasi Hunian

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mempertimbangkan lokasi dari rumah tersebut. Lokasi akan menentukan harga jual rumah. Jika semakin strategis lokasinya misal dekat dengan berbagai area serta memiliki akses mudah, maka harga rumah akan semakin tinggi. Namun jika rumah yang akan dijual tidak memiliki lokasi yang strategis, maka kamu juga tak perlu khawatir. Pasalnya kamu bisa mempertimbangkan beberapa aspek lainnya seperti infrastruktur, transportasi, dan fasilitas sosial seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Bingung menentukan harga jual rumah Anda? Jangan khawatir! Tim ahli properti Bumi 786 Property siap membantu Anda. Kami akan memberikan penilaian yang akurat dan saran yang tepat agar Anda dapat menjual rumah Anda dengan harga terbaik. Hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×