Investasi Properti di Jakarta Selatan

Source : Pinterest

Mau investasi properti di Jakarta Selatan tapi masih ragu? tenang aja, kali ini Bumi786 Property Management akan memberikan wawasan berharga dan informasi ter-update tentang pasar properti di tahun 2023.

Sehingga Anda dapat menemukan properti investasi yang tepat di Jakarta Selatan. Dari hunian mewah hingga ruang komersial yang menjanjikan.

Sebelum kita menemukan properti investasi yang tepat di Jakarta Selatan, kita lihat dulu yuk pasar properti di Jakarta Q1 2023.

Pasar Properti di Jakarta Quarter 1 2023

Pasar properti di Jakarta terus menunjukkan perkembangan yang positif pada kuartal pertama tahun 2023. Dalam artikel ini, kami akan melihat beberapa sumber dan penelitian terkini tentang pasar properti di Jakarta selama periode tersebut.

1. Pertumbuhan Ekonomi di Q1 2023

pertumbuhan ekonomi indonesia

Source : Central Statistics Agency, Bank Indonesia

Berdasarkan analisis berbagai lembaga ekonomi terkemuka, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023 diperkirakan akan tetap kuat meskipun adanya tantangan yang perlu dihadapi.

Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3 hingga 5,8 persen di tahun 2023.


Salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah pemulihan yang berkelanjutan dari dampak pandemi COVID-19.

Dengan adanya vaksinasi massal dan perbaikan dalam pengendalian penyebaran virus, diharapkan sektor-sektor penting seperti industri manufaktur, perdagangan, pariwisata, dan investasi akan mengalami pemulihan yang lebih baik di tahun 2023.


Indonesia mencatat inflasi tahunan sebesar 4,97% y-o-y pada akhir tahun kuartal pertama (Maret 2023). Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan sebesar 5,75% pada akhir kuartal (Maret 2023).

Ini adalah bulan kedua berturut-turut yang dimiliki Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuannya.


Selain itu, nilai tukar rupiah juga terjaga di tengah fluktuasi pasar keuangan global. Pada Q1 2023, kurs rupiah terhadap dolar AS menguat 4%, di kisaran Rp 15.062 per USD

2. Industri Properti Bangkit Kembali di Q1 2023

RUMAH

Source : DataSense by PropertyGuru for Business

Permintaan properti hunian di Jakarta tetap kuat pada Q1 2023. Masyarakat Jakarta masih memiliki minat yang tinggi dalam memiliki hunian sendiri.

Faktor-faktor seperti urbanisasi, pertumbuhan populasi, dan tingkat pendapatan yang meningkat terus mendorong permintaan properti hunian di kota ini. Apartemen tetap menjadi pilihan populer bagi warga Jakarta yang mencari hunian dengan fasilitas lengkap dan aksesibilitas yang baik.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, data Rumah.com Indonesia Property Market Report Q2 2023 yang baru saja dirilis terlihat bahwa pada Q1 2023 industri properti di tanah air mendapatkan sentimen positif khususnya pada indeks harga dan permintaan baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Indeks permintaan menunjukkan kenaikan sebesar 14,5% secara kuartalan setelah pada kuartal sebelumnya turun hingga 20%. Meski demikian, indeks ini masih lebih rendah jika dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya (-14,6%). -Rumah.com

Pertumbuhan ekonomi yang baik dan kebijakan pemerintah yang mendukung sektor properti telah mendorong minat investor dalam membeli properti di Jakarta.

3. Pertumbuhan Properti Komersial

Source : Bank Indonesia

Selain permintaan properti hunian, permintaan properti komersial juga terus meningkat di Jakarta. Menurut data dari Bank Indonesia. Indeks permintaan properti komersial untuk kategori sewa pada Q1 2023 secara tahunan tumbuh sebesar 9,35% (yoy), melambat dibandingkan 12,22% (yoy) pada Q4 2022 (grafik 1).

Perlambatan permintaan untuk katogeri sewa terutama disebabkan oleh perlambatan permintaan pada segmen hotel di mayoritas kota terutama Denpasar, seiring dengan berakhirnya international event G20 di quartal sebelumnya. Meski demikian, permintaan pada segmen hotel di wilayah Jabodetabek masih menunjukkan peningkatan yang didorong oleh kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convetion, and Exhibition) berbagi instansi serta rangkaian kegiatan ASEAN Summit yang diadakan di Jakarta pada Q1 2023.

Sementara itu, Indeks Permintaan Properti Komersial untuk kategori jual pada Q1 2023 tumbuh sebesar 0,58% (yoy), lebih rendah di bandingkan 0,76% (yoy) pada Q4 2022 (grafik 2).

4. Daerah Dengan Potensi Besar di Jakarta Selatan

Source : Bumi786 Property

Berdasarkan grafik di atas dapat disimpulkan bahwa TB Simatupang merupakan daerah dengan potensi kenaikan harga yang paling besar.

Terdapat 45 menara perkantoran yang tersebar di sepanjang Jalan TB Simatupang, menjadikannya sebagai lokasi dengan potensi permintaan dan pasokan yang tinggi dari segi tempat tinggal.

Selain itu akses yang mudah dan pelayanan transportasi umum yang memadai menjadikan TB Simatupang sebagai kawasan yang sangat menjanjikan untuk berinvestasi.

Secara keseluruhan, kuartal pertama 2023 menunjukkan pertumbuhan yang positif di pasar properti Jakarta. Permintaan yang kuat, kenaikan harga yang stabil, dan perkembangan infrastruktur yang terus berlanjut membuat pasar properti di Jakarta tetap menarik bagi para investor dan pembeli properti.

Dengan pertumbuhan yang pesat dan potensi yang menjanjikan, kawasan TB Simatupang di Jakarta Selatan merupakan lokasi yang sangat menarik bagi para investor yang tertarik untuk berinvestasi di sektor properti. Terletak strategis di antara pusat bisnis dan area residensial yang berkembang pesat, TB Simatupang menawarkan peluang investasi yang menjanjikan.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk berinvestasi di TB Simatupang bersama Bumi786 Property Management! Dapatkan keuntungan dari pertumbuhan pesat dan potensi yang menjanjikan di kawasan ini. Hubungi kami sekarang di Bumi786 Property Management dan temukan proyek properti yang tepat untuk investasi Anda.


© Copyright 2019 - 2024 PT. Putra Bumi Satria

×