Sewa Apartemen Modern
Source: Pinterest

Memilih untuk tinggal di hunian dengan sistem sewa memang membebaskan Kamu dari keharusan pemeliharaan dan perbaikan properti. Menyewa apartemen menawarkan kenyamanan dan kebebasan, meski terdapat batasan hal yang dapat dilakukan pada sebuah apartemen sewaan.

Meski batasan dapat berbeda tergantung masing-masing pemilik properti, berikut beberapa hal umum yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan saat menyewa apartemen.

1. Jangan Mengecat Sembarangan

Terkadang penyewa cenderung berpikir bahwa mengecat properti sewaan dapat menyenangkan hati pemilik properti. Namun, pada beberapa kasus, pilihan cat seperti merah darah tidak akan membuat apartemen menjadi tempat yang cantik.

Cara terbaik jika kamu ingin mengecat apartemen sewaan adalah untuk meminta izin pemilik dan buat perjanjian tertulis. Jika tidak diizinkan, maka kamu dapat mengecat perabot yang merupakan barang pribadi sendiri untuk membuat ruangan memiliki aksen yang khas.

2. Jangan Lakukan Renovasi Besar

Jika berencana untuk melakukan renovasi terhadap unit apartemen yang kamu sewa, maka perlu memikirkan ulang hal ini. Perlu dilakukan komunikasi hingga tercapai suatu kesepakatan mengenai apa yang akan kamu lakukan dengan properti yang disewa.

Pemilik yang tidak mengetahui tentang kipas di langit-langit tentu akan senang dengan hal ini, namun tidak berarti bahwa mereka akan mengganti biaya pemasangan dan pembelian dari kipas tersebut saat pindah. Terlebih, jika kamu membawa kipas yang dibeli pada saat pindah, maka kamu bertanggung jawab untuk menambal dan mengecat ulang langit-langit tempat kipas tersebut dipasang.

3. Jangan Gunakan Palu

Meski kebanyakan pemilik mengizinkan untuk menggantung foto dan gantungan, Kamu juga perlu mempertimbangkan kembali ide dekorasi yang melibatkan penggunaan palu. Dengan kata lain, pikirkan kembali ide untuk menempatkan kabinet di kamar mandi atau dapur.

Dekorasi yang melibatkan palu seringkali membuat dinding menjadi rusak. Jika kamu bersedia untuk menanggung semua kerusakan yang terjadi, maka lakukan hal ini dengan menyadari risiko yang ada.

Baca Juga: Ketahui Tips Mudah Merawat Apartemen Minimalis

4. Bantu Rawat Apartemen

Pemilik memang bertanggung jawab untuk perbaikan, namun sebagai penyewa, kamu harus  bertanggung jawab untuk memberi tahu pemilik mengenai hal yang perlu diperbaiki di unit yang disewa. Kerusakan seperti jalur pipa yang bocor atau mampet, kamu perlu melaporkan hal ini secepatnya.

Jika masalah kecil menjadi besar disebabkan oleh keterlambatan kamu dalam melaporkan, maka kamu mungkin saja harus bertanggung jawab untuk perbaikannya. Perlu diingat meski pemilik bertanggung jawab untuk pengendalian hama, kamu juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan unit sehingga tidak menarik hama untuk datang.

Jangan biarkan kesalahan kecil merusak pengalaman sewa apartemen Anda. Percayakan pencarian dan proses sewa apartemen Anda kepada Bumi 786 Property. Kami siap membantu Anda menemukan apartemen impian yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×