Asuransi Rumah
Source: Pinterest

Asuransi menjadi hal penting yang perlu dimiliki demi melindungi aset berharga di masa mendatang. Kamu juga bisa memberikan asuransi untuk rumah untuk melindungi rumah dari risiko kerusakan akibat bencana alam. 

Asuransi rumah menjadi hal penting yang bisa dimiliki. Saat ini, kamu juga bisa menemukan pilihan asuransi hunian dengan mudah. Ada banyak pilihan perusahaan yang menawarkan produk dengan premi murah. 

Meskipun begitu, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat. Hal ini dikarenakan tidak semua memiliki kualitas yang tinggi. 

Untuk memilih yang terbaik, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar mendapatkan pilihan asuransi rumah yang tepat.

Berikut Ini Tips untuk Memilih Asuransi Rumah yang Terbaik

Perhatikan Jejak Perusahaan

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memilih asuransi rumah yang tepat adalah dengan memperhatikan jejak perusahaan asuransi yang akan dipilih. kamu bisa mencari informasi seputar perusahaan melalui websitenya. 

Agar tidak terjebak perusahaan abal-abal, pastikan untuk mencari banyak info seputar perusahaan yang dipilih. Cara sederhananya, periksa tanggal berdiri dan legalitas korporasi. Perusahaan yang telah lama berdiri biasanya dapat dipercaya. 

Pastikan juga perusahaan asuransi telah mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar lebih terpercaya.

Pahami Isi Dokumen Polis

Kamu juga perlu membaca dokumen polis sebelum memutuskan untuk memilih asuransi rumah. Pastikan bahwa polis berisi poin-poin penting terkait hak dan kewajiban sebagai tertanggung. 

Untuk itu, kamu perlu memeriksa secara detail dan teliti setiap pasal polis yang tertulis. Biasanya, hal paling krusial terletak pada ikhtisar.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Desain Rumah Yang Harus Kamu Ketahui

Pastikan Prosedur Klaim yang Jelas

Meskipun tidak mengharapkan risiko terjadi pada hunian, kamu harus tetap memahami prosedur klaim. Sebab, perusahaan asuransi yang baik akan memiliki langkah klaim yang jelas dan juga terstruktur. 

Biasanya, klaim dilakukan dengan pengisian formulir permohonan. Jika dianggap memenuhi syarat, formulir akan mendapatkan persetujuan. Kamu juga bisa diminta mengajukan permohonan jikalau permohonan tidak sesuai dengan kriteria atau ketentuan. 

Bandingkan Nilai Pertanggungan dan Premi yang Akan Dibayarkan

Saat akan memilih asuransi hunian, Kamu perlu memastikan nilai pertanggungan atau uang yang akan diterima nantinya setelah pengajuan klaim disetujui. 

Kamu perlu memastikan bahwa nilai pertanggungan yang didapatkan seimbang dengan premi yang dibayarkan di setiap bulannya. Jangan sampai jumlah premi besar tetapi nominal uang pertanggungannya sedikit. 

Pastikan Produk Asuransi Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum memilih jenis asuransi yang tepat, ketahui dulu bentuk asuransi rumah seperti apa yang diinginkan. Sebab, tiap perusahaan akan menawarkan jenis produk yang berbeda. Selain itu, usahakan juga untuk memperhatikan kompensasinya.

Beberapa perusahaan hanya menyediakan proteksi akibat bencana alam, beberapa juga menawarkan perlindungan atas kebakaran dan kerusakan akibat tindak kejahatan. Selain itu, bentuk kompensasi juga biasanya beragam.

Ada yang menawarkan uang tunai satu kali bayar ataupun pembayaran secara bertahap. Oleh karenanya, pastikan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tidak memberatkan nantinya. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih produk asuransi rumah yang tepat. Dengan pemilihan yang tepat, asuransi rumah pun akan berguna dan menguntungkan nantinya.

Jangan biarkan rumah Anda tanpa perlindungan. Lindungi aset berharga Anda dengan asuransi rumah yang tepat. Hubungi Bumi 786 Property sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi gratis dan penawaran asuransi rumah terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×