Tanah Kavling

Mungkin diantara kalian kerap bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud tanah kavling? Tanah kavling biasanya sering dilihat di brosur-brosur penjualan rumah. Tentu bagi orang awam, tanah ini membingungkan, berbentuk seperti apa dan apa bedanya dengan jenis tanah lainnya.

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, tanah kavling berarti bagian tanah yang sudah dipetak-petakkan dengan ukuran tertentu yang nantinya akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal. Jadi dapat disimpulkan bahwa tanah ini merupakan petakan tanah yang akan dibangun tempat tinggal.

Dalam praktiknya, tanah kavling dibagi kedalam tiga jenis. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri sehingga kamu harus jeli dalam memilih sesuai keinginan dan tujuan untuk membeli.

Agar lebih cermat dan tak salah pilih, berikut kami rangkum tiga jenis tanah kavling beserta pengertiannya.

1. Cul de Sac Lot

Jenis tanah Cul de Sac Lot yang pertama ini berasal dari kata Perancis, yang jika diartikan berarti tanah kosong di jalan buntu. Dalam praktiknya, jenis tanah ini memiliki bagian depan yang cenderung menyempit namun sedikit melebar di bagian belakang.

Kendati bagian depan terlihat sempit, namun kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri, salah satunya yakni kenyamanan. Sebab, bangunan yang dibangun dalam kondisi ini nantinya relatif lebih tenang karena berada di jalan buntu sehingga sedikit orang yang melewatinya.

Baca Juga: Tertarik Pada Investasi Tanah? Berikut Kelebihanya!

2. Interior Lot

Jenis tanah ini juga biasa dikenal dengan sebutan cluster atau klaster. Tanah jenis ini berada di tengah deretan kavling pada satu blok. Kelebihan yang dimiliki interior lot, yakni biasanya hanya memiliki satu akses pintu gerbang sehingga dapat dijaga dengan baik dan jauh dari kebisingan.

Selain itu, tanah interior lot juga cukup baik dalam segi perawatan. Sebab, Anda hanya perlu memperhatikan masalah yakni sirkulasi udara yang biasanya tidak begitu bagus.

3. T-Intersection Lot

Nah, kalau jenis tanah ini kerap disebut dengan tusuk sate. Bagi sebagian orang, jenis tanah ini sering kali dikaitkan dengan masalah gaib yang konon katanya lokasi makhluk halus bersemayam.

Padahal, jika dilihat dari kacamata bisnis, jenis kavling ini merupakan jenis yang paling menguntungkan sebab mudah terlihat dari jauh sehingga sangat cocok dijadikan tempat usaha dibanding rumah tinggal.

Itulah pengertian dan jenis-jenis tanah kavling. Jadi, kamu pilih tanah kavling yang mana nih?

Jadikan impian Anda memiliki properti menjadi kenyataan dengan berinvestasi tanah bersama Bumi 786 Property. Kami menyediakan berbagai pilihan tanah dengan lokasi strategis dan legalitas terjamin. Hubungi tim kami sekarang untuk konsultasi gratis dan temukan tanah yang tepat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×