Tren Properti 2024

Tahun 2024 menjadi tahun yang penuh peluang bagi investor properti di Indonesia. Pasar properti residensial yang stabil dan peningkatan minat ekspatriat terhadap properti di Indonesia di awal tahun 2024 menjadi sinyal positif. Artikel ini akan membahas secara mendalam prospek tren properti di Indonesia tahun 2024, didukung oleh data dan analisis terkini.

Analisa Pasar Properti Indonesia: Prospek Sektor Properti 2024

Pasar properti residensial Indonesia kurang lebih tetap stabil, dengan indeks harga properti komposit-16 naik hanya 1,74% selama 2023, mengikuti pertumbuhan y-o-y sebesar 2% pada 2022, 1,47% pada 2021, 1,43% pada 2020, dan 1,77% pada 2019, menurut Bank Indonesia. Harga properti turun 0,92% tahun lalu ketika disesuaikan dengan inflasi.

Selama kuartal terakhir, harga properti residensial naik tipis 0,13% q-o-q (turun tipis 0,55% disesuaikan dengan inflasi) pada Q4 2023.

Tahun ini, Bank Indonesia memproyeksi pertumbuhan perekonomian Indonesia pada 2024 akan mencapai 4,7 – 5,5% dan terus meningkat hingga 5,6 persen di tahun 2025 mendatang.

Kondisi sektor properti di tahun 2024 diprediksi masih bertahan dengan alur yang relatif positif. Optimisme sektor properti ini ditandai dengan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan III 2023 yang tumbuh sebesar 1,96% (yoy), lebih tinggi dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 1,92% (yoy).

5 Tren Properti yang Paling Diminati di Tahun 2024

Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan meningkatnya permintaan hunian menjadi pendorong utama peluang properti yang cemerlang.

Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan untuk terjun ke dunia investasi properti, berikut kami mengkurasi lima tren bisnis properti yang diprediksikan akan mendominasi pasar di tahun 2024.

Jual Beli Tanah masih menjadi sektor investasi properti paling ramai

Tanah merupakan pilihan klasik yang selalu diminati karena nilainya yang cenderung terus meningkat seiring waktu. Keberadaan tanah di lokasi strategis, seperti dekat pusat kota, pusat bisnis, pusat pendidikan, atau tempat wisata, semakin mendongkrak potensinya.

Strategi jual-beli tanah yang menguntungkan:

Co-Living Space

Co-living space menghadirkan konsep hunian bersama yang menawarkan kenyamanan, keamanan, dan kebersamaan bagi para penghuninya. Fasilitas bersama seperti dapur, ruang makan, ruang tamu, ruang kerja, dan ruang hiburan menjadi daya tarik utama co-living space.

Peluang bisnis co-living space yang menjanjikan:

Homestay

Homestay menawarkan pengalaman tinggal seperti di rumah sendiri bagi para wisatawan, baik lokal maupun asing. Fasilitas lengkap seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang makan, taman, dan kolam renang menjadi daya tarik utama homestay.

Strategi bisnis homestay yang efektif:

Sewa Apartemen Online

Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen mendorong popularitas penjualan properti online. Platform digital seperti website, aplikasi, media sosial, dan marketplace menawarkan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan bagi pembeli dan penjual properti.

Keuntungan sewa apartemen online:

Masih bingung caranya cari apartemen online? Hubungi konsultan BUMI 786 Property dan dapatkan bimbingan mencari properti idaman anda di Indonesia, GRATIS!

Pengembangan Proyek Hunian Baru di Kawasan Pinggir Kota

Pertumbuhan penduduk dan kebutuhan akan hunian yang terus meningkat mendorong pengembangan proyek baru di kawasan pinggir kota. Infrastruktur yang semakin berkembang dan harga tanah yang lebih terjangkau menjadi faktor pendorong utama.

Peluang bisnis proyek baru di pinggir kota:

Mau cari contoh new development project terbaik di Jakarta dan sekitarnya untuk referensi bisnis atau investasi anda? Kunjungi laman New Development BUMI 786 untuk melihat daftar proyek baru yang paling ideal di Jabodetabek.

3 tren properti dan fasilitas yang paling diminati

Selain lokasi, terdapat faktor-faktor lain yang ikut meningkatkan potensi pasar suatu properti, salah satunya adalah fasilitas yang disediakan untuk mengakomodasi kebutuhan pemilik properti.

Bersumber dari riset Brighton, kami menyimpulkan 3 fasilitas properti yang yang jadi incaran utama para investor dalam menentukan properti mana yang akan dibeli.

Smart Home

Teknologi canggih yang terintegrasi menghadirkan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi penghuninya sudah menjadi salah satu parameter utama dalam menentukan nilai properti.

Infrastruktur, Aksesibilitas, dan Kemudahan Transportasi

Lokasi strategis dengan akses mudah ke fasilitas publik, seperti jalan tol, stasiun kereta, dan bandara, menjadi nilai tambah yang signifikan.

Pemanfaatan Ruang yang Maksimal

Desain ruangan yang fungsional dan fleksibel memungkinkan penghuni untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka.

Baca Juga: Faktor Ekonomi Global dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Properti di Indonesia

3 Pilihan Investasi Properti Terbaik bagi Ekspatriat di Tahun 2024

Berlawanan dengan tren global, pasar properti Indonesia di kalangan ekspatriat menunjukkan peningkatan bertahap di awal tahun 2024. Menurut CNBC, Indonesia telah menarik minat signifikan dari investor properti internasional di Q3.

Minat ini terkonsentrasi pada sektor residensial, terutama rumah dengan rentang harga berikut:

  1. Properti antara Rp 1 miliar dan Rp 3 miliar, yang mengalami lonjakan signifikan sebesar 34,7%.
  2. Properti dalam kisaran harga Rp 400 juta. Properti jenis ini juga mengalami peningkatan yang sehat sebesar 25,7%.
  3. Mengikuti keduanya, pasar properti mewah (rumah di atas Rp 5 miliar) juga menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang positif.

Mengikuti tren ini, beberapa property development mulai memasarkan beragam pilihan real estate yang menawarkan berbagai fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi calon pemiliknya.

Tantangan yang dihadapi pelaku bisnis properti 2024

Tahun 2024 menjanjikan prospek menarik bagi industri properti Indonesia, namun juga menghadirkan beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis. Sebagai agen konsultasi properti terdepan di Indonesia, BUMI 786 berkomitmen untuk memberikan informasi terkini dan analisis mendalam tentang iklim pasar properti.

Kenaikan Suku Bunga

Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan BI 7-Days Repo Rate (BI7DR) secara bertahap dalam rangka mengendalikan inflasi. Hal ini berpotensi meningkatkan cicilan KPR dan berimbas pada daya beli masyarakat, terutama bagi pembeli rumah pertama.

Persaingan Ketat

Persaingan di industri properti semakin ketat, dengan banyaknya pengembang baru yang bermunculan. Hal ini mendorong para pelaku bisnis untuk berinovasi dan menawarkan produk properti yang lebih menarik dan kompetitif.

Ketersediaan Lahan

Ketersediaan lahan yang terbatas di kota-kota besar, terutama di Jakarta, dapat menjadi hambatan bagi pengembangan proyek properti baru. Hal ini dapat mendorong harga tanah dan properti di lokasi tersebut.

Regulasi Pemerintah

Pemerintah terus mengeluarkan regulasi baru terkait properti, seperti aturan mengenai pajak properti dan tata ruang wilayah. Para pelaku bisnis perlu mengikuti perkembangan regulasi terbaru dan beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Tahun 2024 menjanjikan banyak hal menarik di dunia properti. Dengan memahami tren-tren ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik, baik sebagai pembeli, investor, atau penghuni. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli properti untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Ingin tahu lebih banyak tentang tren properti terbaru? Kunjungi situs web Bumi 786 Properti untuk informasi lengkap, daftar properti terbaru, dan konsultasi gratis dengan ahli properti kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×